Oleh: Team Leader BEENERO MANADO | 5 Februari 2012

Keunggulan, Sejarah & Kualitas : Propolis Brazilian

Keunggulan

Keunggulan Propolis Nano dibandingkan Propolis Reguler:

Sumber Bahan Bakunya

Bahan Baku Propolis Brazilian Nano berasal dari Brasil

Brasil terkenal di dunia sebagai negara produsen propolis terbaik. Faktor Alam dan Lingkungan yang menguntungkan yaitu Hutan Amazon. Dengan lebih dari 20.000 jenis tanaman, menempati 50% lahan dari seluruh perkebunan yang ada di Bumi ini! Hal ini merupakan Pasokan sumber daya alam terhebat untuk semua Lebah Madu yang akan menghasilkan propolis terbaik dunia. Musim panas yang panjang akan mempengaruhi pertumbuhan bibit kuman dan patogen. Lebah membutuhkan kualitas Propolis yang lebih kuat untuk melindungi koloninya. Menggunakan Kualitas GREEN PROPOLIS dari Brasil Kualitas terbaik untuk Propolis

KANDUNGAN FLAVONOID

Propolis Brazilian Nano Memiliki kandungan Flavonoid tertinggi, yaitu 5,9%

FLAVONOID adalah Bahan Aktif yang PALING PENTING yang terdapat pada Propolis.Semakin tinggi kandungan Flavonoidnya,semakin tinggi pula keefektifitasan Propolis tsb. Bukan berapa banyak ekstrak Propolis yang penting untuk anda ketahui. TAPI Berapa kandungan Flavonoid Propolis yang selama ini anda konsumsi??

Propolis Brazilian Nano memiliki kandungan Flavonoid hampir 6% disetiap botolnya

Hal ini yang menjadikan Propolis Brazilian Nano mampu memberikan reaksi cepat pada konsumen.

Warna Propolis Menunjukkan Kualitasnya

Kualitas propolis dapat dilihat dari Warna propolis itu sendiri,karena propolis dapat dihasilkan dari setiap negara yang memiliki Iklim dan letak geografis yang berbeda.Maka menghasilkan warna propolis yang berbeda-beda pula.

  1. Selandia Baru / AustraliaBiasanya propolis yang dihasilkan berwarna Merah dan Coklat
  2. CinaBerwarna hampir hitam kecoklatan Hal ini menandakan sangat minimnya kandungan flavonoid,maka lebih ideal untuk penggunaan luar.
  3. BrasilBiasanya berwarna Hijau kekuningan.Mengandung paling banyak Flavonoid, menandakan premium Propolis.

Memiliki Sertifikasi Jaminan Kualitas

BRAZIL PROPOLIS

Kekuatan alami yang melindungi Anda

Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Propolis dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun yang muda kemudian dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal, membungkus, melindungi dan mensterilkan sarang dari serbuan kuman, virus, atau bakteri. Propolis bersifat desinfektan (anti bakteri) yang dapat membunuh semua kuman atau virus yang masuk ke sarang lebah. Hal ini sangat diperlukan untuk melindungi semua yang ada di dalam sarang tersebut seperti ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu. (Kutipan dari Wikipedia)

Ada 3 macam tingkat kualitas Propolis, yaitu :Propolis Biasa, Propolis dan Brazil Propolis.
Apa bedanya?

  • Propolis Biasa hanya mengandung 50-75 senyawa kimia.
  • Gold Propolis mengandung 150-200 senyawa kimia.
  • Brazil Propolis mengandung 400 senyawa kimia merupakan propolis terbaik di dunia.

Sejarah

Propolis digunakan sejak 3000 tahun sebelum Masehi dan memiliki peranan besar dalam fungsi biologi. Pada zaman Mesir kuno, Propolis telah populer digunakan sebagai obat karena kandungannya telah dikenal efektif mengobati sejumlah infeksi, luka dan bahkan dalam proses pengawetan mumi. Selanjutnya banyak penelitian ilmiah Propolis sebagai antijamur, antibakteri, dan perawatan antivirus di Uni Soviet, Eropa Timur dan Cina. Pada akhir tahun 80-an, peneliti Jepang menemukan senyawa aktif baru di dalam Propolis dengan sifat khusus. Dewasa ini diketahui Propolis berfungsi sebagai stimulan sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat.

Propolis berbeda dengan madu, produk utama lebah. Madu terdapat di dalam sarang heksagonal; Propolis di luar sarang. Pada sarang buatan berupa kotak kayu, lebah-lebah pekerja meletakkan Propolis di celah antarpapan, bingkai, atau tutup sarang.

Ir. Hotnida CH Siregar MSi, ahli lebah dari Institut Pertanian Bogor mengatakan lebah pekerja mengolah Propolis dari berbagai bahan seperti pucuk daun, getah tumbuhan, dan kulit beragam tumbuhan seperti akasia dan pinus. Menurut Dolok Tinanda Haposan Sihombing, ahli lebah dari Institut Pertanian Bogor, Propolis merupakan bahan campuran kompleks terdiri atas malam, resin, balsam, minyak, dan polen.

Kata Propolis berasal dari bahasa Yunani: pro berarti sebelum, polis bermakna kota. Kota dalam kehidupan serangga sosial itu adalah sarang. Secara harfiah Propolis bermakna sebelum sampai kota. Bagi lebah Propolis bermanfaat menambal celah-celah sarang, menutup lubang, dan mensterilkan sarang. “Kota” lebah selalu dalam kondisi steril berkat Propolis.

Hotnida mengatakan fungsi Propolis lain adalah membungkus atau memumikan bangkai hama yang masuk ke sarang lebah. Dengan demikian Propolis menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, cendawan, dan virus sehingga penyakit tak tersebar dan sarang tetap steril. Hama yang dibungkus dengan Propolis pun menjadi awet dan tak busuk lantaran Propolis bersifat antibakteri. Metode itulah yang ditiru oleh nenek moyang bangsa Mesir untuk mengawetkan jenazah.

Menurut Ir. Bambang Soekartiko kualitas Propolis tergantung dari sumber tanaman dan proses pembuatan. Tanaman sumber Propolis di negara subtropis seperti Bulgaria, Korea, dan Rusia adalah pohon poplar Populus sp. Brasil mempunyai Bacharis dracunculifolia dan Dalbergia sp masing-masing sebagai sumber Propolis dan merah yang mempunyai bioflavonoid tinggi. Brasil sohor sebagai negara utama produsen Propolis di dunia.

Produknya yang terkenal adalah Propolis bermutu tinggi karena kandungan bioflavonoid yang tinggi. Flavonoid merupakan komponen tumbuhan yang bersifat sebagai bahan-bahan anticendawan, antibakteri, antivirus, antioksidan, dan antiinflamasi. (Sumber: Trubus Online)

 

Kualitas

BRAZIL PROPOLIS

PROPOLIS BRASIL

Bentuk alami propolis menyerupai adonan lem dengan beberapa kepadatan dan warna yang bervariasi dari warna coklat sampai hijau tua tergantung pada sumber dan cuaca pada saat dikumpulkan.

Brazil Propolis atau Propolis Brasil adalah propolis terbaik yang ada di dunia. Propolis ini berasal dari zat organik murni hasil uraian lebah madu Brazil yang dihasilkan dari substansi yang mengandung damar dari daun muda tumbuhan yang disebut Baccharis dracunculifolia (Alecrim do Campo) untuk membersihkan dan melindungi sarang lebah terhadap dingin, panas, angin, kelembaban dan penyakit.

Brazil Propolis kaya akan kelompok antioksidan tertentu yang disebut Flavanoid. Zat yang sangat kuat menetralisir radikal bebas, mendukung sistem kekebalan tubuh alami (immune system) manusia pada tingkat seluler dan membantu regenerasi sel. Di samping itu, Green Brazil Propolis juga mengandung Asam Fenol penting yang disebut Artepilin C.

KUALITAS PROPOLIS BRASIL

Sebagian besar penelitian ini dilakukan di Jepang. Ilmuwan mereka mempertimbangkan bahwa Brazil Propolis merupakan yang terbaik di dunia karena kadar tinggi dari Flavonoid dan Artepillin C. Perbedaan Propolis Brasil dengan propolis jenis lain terutama disebabkan oleh iklim, flora Brasil yang luar biasa dan lebah madu yang merupakan hasil kawin silang dengan lebah Afrika. Hal ini juga satu-satunya di dunia tempat tumbuhan Alecrim do Campo tumbuh secara melimpah. Beberapa peneliti Jepang merasa bahwa Propolis Brasil adalah obat alami yang paling efisien yang pernah ditemukan.

Ekstrak yang diperoleh dari propolis jenis ini memiliki rasa hangat yang kuat dan berwarna hijau terang yang cantik.


Lebah madu Brazil (abelhacoleta) pada pohon Baccharis
dracunculifolia (Alecrim do Campo)

KENAPA TERBAIK?

Para ilmuwan menemukan Brazil Propolis memiliki kualitas terbaik di seluruh dunia karena:

  • Kandungan Flavonoid dan asam fenol Artepilin C yang sangat tinggi, kedua zat ini merupakan obat alami untuk melawan infeksi virus yang paling efisien yang pernah ditemukan.
  • Flavonoid adalah antikosidan yang sangat kuat, bebas dari radikal bebas dan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia pada tingkat sel dan membantu regenerasi sel.
  • Lebah Brazil memperoleh sumber bahan makanan dari tumbuhan tertentu yaitu Baccharis dracunculifolia (Alecrim do Campo atau Damar) yang hanya terdapat di Brazil sehingga menghasilkan Brazil Propolis berkualitas tinggi.
  • Sebelum mengunjungi bunga tumbuhan lain, lebah Brazil ini lebih dulu mengunjungi bunga Pohon Damar.

Kandungan Brazil Propolis :

    • Bioflavanoid atau disebut juga Vitamin P (kaya akan antibiotik, antioksidan dan antimycotik) Menurut penelitian, kandungan Bioflavanoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavanoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

  • Artepilin C yaitu antioksidan yang menghambat pertumbuhan kanker.
  • Semia jenis vitamin (Vitamin A, B2, B6, E, C, D, H, P, asam folat, asam nikotinat) kecuali Vitamin K.
  • Mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh (kecuali sulfur) seperti besi, tembaga, seng, mangan, aluminium, unsur kima, vanadium, strotium, silicon dan zat kapur.
  • 16 rantai Asam Amino essensial untuk regenerasi sel.
  • Lebih dari 180 Phytochemicals yaitu senyawa yang ada di tanaman besar dengan usia di atas 100 tahun. Biasanya terdapat di bagian pelepah. Mengandung jenis antioksidan yang tidak ada di tanaman yang biasa kita makan.

Urutan Kualitas Propolis Di Pasaran Berdasarkan Teknologi Pembuatannya :

No Jenis Propolis Konsentrant Propolis Kadar Lilin
1 Beenero Nano Propolis Mencapai diatas 50% 0%
2 Nano Propolis Reguler Mencapai 40% 0%
3 Propolis Platinum Mencapai 23% Sangat rendah
4 Propolis Gold Mencapai 17% Sedang
5 Propolis Reguler Mencapai 10% Sedang
6 Propolis Liquid Mencapai 5% Cukup Tinggi

Berdasarkan tabel di atas, maka selain Beenero Nano Propolis, dan Propolis Nano Reguler, hampir semua grade, masih mengandung Bee Wax/Lilin lebah. Apakah Lilin Lebah berbahaya??? Sebenarnya untuk pemakaian jangka pendek Bee

Wax/Lilin Lebah tidak terlalu berbahaya, tetapi untuk pemakaian jangka panjang dikhawatirkan lilin lebah ini dapat mengganggu kinerja lambung , bahkan menyebabkan masalah di Ginjal.

Perhatikan bahwa penampang lambung tidaklah mulus, tapi beralur, dan apabila di perbesar sebenarnya penampang lambung sangat kasar, jadi dikhawatirkan lilin2 lebah tsb, akan menempel pada dinding-dinding lambung, dan dalam jelang waktu yang panjang akan memperberat kinerja ginjal, sehingga akhirnya sangat mungkin terjadi kristalisasi di ginjal.


Cangkir yang dipakai untuk mengkonsumsi Propolis Liquid.

Ini adalah foto cangkir yg telah digunakan untuk mengkonsumsi propolis liquid yg masih mengandung wax/lilin lebah selama beberapa minggu. Sisa2 lilin lebah di cangkir tidak mudah dibersihkan walaupun dicuci menggunakan sabun. Silahkan Anda bayangkan sendiri, apa yg terjadi pada lambung dan ginjal Anda apa bila mengkonsumsi propolis jenis ini dalam jangka waktu panjang.

Di bawah ini adalah foto perbandingan antara Nano Propolis dengan produk Propolis lain yang beredar di pasaran ketika keduanya dituangkan ke dalam gelas berisi air putih.


Nano Propolis (kiri) dan produk propolis lain (kanan).

Dapat dilihat bahwa New High Tech Nano Propolis yg dituang dalam gelas berisi air di sebelah kiri lebih jernih daripada Propolis Jenis Liquid yangg di sebelah kanan, Air di dalam gelas di sebelah kanan lebih keruh dikarenakan jenis Propolis yg dituangkan masih banyak mengandung lilin lebah/wax. Hasil laboratorium membuktikan bahwa Spanet New High Tech Nano akan lebih cepat diserap tubuh karena lebih homogen dengan air.

NOTE : Propolis Nano yg asli, hampir tidak ada rasanya, sedikit ketir, dan tidak ada rasa manis sama sekali, karena murni propolis dan tidak ditambahkan zat lain

Hadist Nabi SAW

“Sesungguhnya Allah tidak akan menurunkan penyakit, melainkan Dia telah menurunkan buat penyakit itu penyembuhannya, maka berobatlah kamu”. [HR Nasai dan Hakim]

APAKAH LILIN LEBAH (beewax) ITU BERBAHAYA BAGI TUBUH KITA?

Lilin lebah (Beeswax) adalah lilin alami yang diproduksi dalam sarang lebah oleh lebah madu.Lilin lebah adalah sejenis ester dari asam lemak dan berbagai alkohol rantai panjang. Biasanya, untuk lebah penjaga madu, 10 kg madu dapat menghasilkan 1 kg lilin. Zat ini umumnya digunakan dalam lip balm, sabun, lilin dan produk lainnya.

  • Lilin lebah digunakan sebagai pelapis untuk keju, untuk pengawet makanan. Dan sebagai perasa makanan.
  • Sebagai produk perawatan kulit, sebuah penelitian di Jerman menemukan lilin lebah untuk menjadi semacam “krim penghalang” (krim biasanya minyak mineral berbasis, seperti petroleum jelly ), bila digunakan sesuai dengan protokol.
  • Lilin lebah merupakan bahan dalam lilin kumis , serta minyak rambut.
  • Lilin lebah merupakan bahan dalam bedah tulang.
  • Lilin lebah adalah bahan baku utama untuk lilin sampai pengembangan produk minyak bumi yang lebih murah seperti lilin parafin.
  • Untuk coran logam dan pemodelan Karena plastisitas nya, lilin lebah mudah dibentuk dan diukir. Ini mempertahankan bentuknya baik bahkan selama periode yang sangat lama sebagaimana dibuktikan dengan patung lilin ditemukan di kuburan Mesir kuno.
  • Dalam kosmetik Karakteristik unik dari lilin lebah memberikan soliditas tertentu untuk solusi emulsi, memfasilitasi pembentukan emulsi stabil dan meningkatkan kapasitas air penyelenggaraan salep dan krim.
  • Pengolahan makanan.Lilin lebah telah digunakan dalam berbagai produk dan proses dari pengolahan dan kemasan untuk pelestarian.
  • Industri teknologi.Sebuah paten menjelaskan bahan untuk encapsulating aparatus listrik dan elektronik untuk digunakan dalam kelembaban tinggi atau environinents kimia aktif.
  • Tekstil dan kertas dapat waterproofed dengan berbagai produk yang mengandung lilin lebah.
  • Pernis dan pemoles.Sebuah pernis dari bahan resin damar dan lilin lebah digunakan untuk lukisan dan untuk restorasi seni.
  • Pencetakan. Dalam seni lama etsa atau ukiran, lilin lebah digunakan sebagai lapisan pelindung permukaan. Lilin diterapkan pada pelat logam yang dipanaskan.
  • Berbagai tinta, pena, spidol dan bahkan kertas karbon sering mengandung sejumlah kecil lilin lebah untuk tinta mesin tik mencakup resep 1 lilin bagian Jepang atau lilin lebah, 1 bagian resin Hitaide 503, S bagian butiran neon (pigmen) dan 0,02 bagian Emulgen PP 150 ( emulsi).
  • Obat. Sebagai lapisan untuk obat atau pil, beeswax memfasilitasi konsumsi tetapi menghambat pelarutan senyawa tertutup sampai mereka mencapai saluran pencernaan. Beeswax juga dapat dipersiapkan sebagai campuran dengan obat dan maka fungsi sebagai mekanisme waktu-release, melepaskan obat selama jangka waktu yang lama.
  • Lainnya. Produk lain di mana lebah menyediakan beberapa perbaikan dan di mana itu adalah bahan tradisional, termasuk lilin mencangkok, krayon, cat lantai dan furnitur, pernis tujuan umum, lilin penyegel, pencegahan korosi, mobil pelindung pemoles dan benang jahit . Terutama untuk berlayar dan membuat sepatu.

Meskipun lilin lebah umumnya dianggap tidak beracun, Tahukah Anda bahwa Lilin lebah dapat menyebabkan efek samping pada manusia..?

  1. Penyumbatan ususMeskipun komplikasi dalam menkomsumsi lilin lebah jarang terjadi, menkonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan penyumbatan usus, menurut Drugs.com. Hal ini dapat mencegah makanan dan cairan bergerak melalui usus, menghambat proses pencernaan dan mencegah tubuh dari menghilangkan racun.Tidak menyebabkan muntah.
  2. AlergiReaksi alergi terhadap lilin lebah memang jarang terjadi. Namun, orang yang alergi terhadap madu atau produk lebah lainnya harus menghindari penggunaan produk yang dibuat dengan lilin lebah,Reaksi alergi biasanya terbatas pada kemerahan kulit. Gejala reaksi alergi terhadap lebah biasanya hilang dengan cepat setelah penggunaan produk lilin lebah dihentikan
  3. PrognosaPrognosis penyumbatan usus tergantung pada jumlah lilin lebah yang dikonsumsi dan kebijaksanaan pengobatan, menurut situs Narkoba. Namun, pemulihan penuh kemungkinan. Penyumbatan usus lilin lebah biasanya diobati dengan obat pencahar.

APAKAH PROPOLIS YANG ANDA KONSUMSI AMAN DARI KADAR LILIN (BEESWAX)??

  • Alford, D.V. 1975. Bumble bees. Davis-Poynter, London, UK.
  • American Bee Journal 1982. Cosmetic natural waxes are not melting away. Amer. Bee I., 122 (12): 822-823
  • American Bee Journal 1993. U.S. honey, beeswax and pollen prices. Amer. Bee J., 133 (4): 235
  • Apimondia 1975b. The hive products: food health and beauty. Proc. of Intern. Symp. on Apitherapy. Apimondia Publishing House, Bucharest, Romania, 154 pp.
  • Couture, H. and Guzzi, D. 1989. Candle making using beeswax. Leaflet from Trop.
  • Beekeeping Newsletter, IBRA, Cardiff, UK, 3 pp.
  • Crane, E. 1975. Honey: A comprehensive survey. Heinemann
  • Devakumar, C., Baskaran, S. and Mukerjee, 5K. 1986. Isolation of N=triacontanol from Indian beeswax and its effect on dry matter of rice. Indian Journal of Agricultural Sciences, 56(10): 744-747
  • Diaz Gonzalez, J.A. and Iglesias Perez, H. 1977. Characteristics of Cuban beeswax. Revista Cubana de Farmacia, 11(1): 75-82
  • Donadieu, Y. and Marchiset, C. 1984. La cire (wax). Editions Maloine, Paris, 131 pp
  • Driesche, D. Van 1983. Hand-dipped beeswax candles. Amer. Bee J., 123 (3): 173-176
  • Eason, T. 1991. Hand dipping beeswax candles. Amer. Bee J., 131: 617-619
  • Ferber, C.E.M. and Nursten, H.E. 1977. The aroma of beeswax. J. Sci. Fd.Agric., 28: 511-518

Email : beenero.manado@yahoo.com | call/sms : 081356998898

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: